Jalan-jalan ke Jolong

Jolong adalah agrowisata perkebunan kopi yang ada di gunung Muria. Kalau baca di web, agrowisata ini ada di kabupaten Pati. Ceritanya kami mengunjungi saudara di Pati, kemudian pulangnya mampir ke Jolong ini. Si sulung pernah diajak tantenya ke Jolong saat lebaran tahun 2016. Mereka naik motor berdua, gak mengajak mama dan si bungsu, sehingga kami penasaran seperti apa sih Jolong itu. Jalannya lumayan naik, beberapa ruas jalan ada yang rusak, dan kadang-kadang pas banget kalau dilalui dua mobil. Untung saja tidak ramai, kami jarang berpapasan dengan mobil lain.

Di sana kami tidak banyak eksplore, karena mengajak mamaku yang sudah tua ama si bungsu yang masih kecil. Kasihan kan kalau harus tracking ke air terjun. Pemandangannya memang cantik. Kami foto-foto pemandangan dari atas. Sesudah itu minum kopi. Ini juga sengaja beli kopi, karena si sulung ingin mengulang ceritanya saat lebaran dulu, minum kopi di Jolong. Kami juga beli kopi bubuknya. Rasa kopinya seperti rasa kopi saat aku masih kecil. Aku tebak kopi ini sudah dicampur dengan bahan-bahan lain, misalnya beras, kelapa, dll. Dulu saat masih SD sering disuruh bantuin nenek mengolah kopi, dari bijih kopi sampai dengan siap seduh. Bapak malah nostalgia dulu saat masih muda pernah mendaki gunung Muria yang kami lihat saat perjalanan ke Jolong. Emang senang ya bisa jalan-jalan sekeluarga.

Jolong view

Jolong view

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s