Backpacker ke Batu (2)

Di hari kedua, kami terbangun, setelah mendengar kicau burung. Ceila. Namanya juga di Batu. Cuaca sangat sejuk. Anak-anak masih malas-malasan tidak mau meninggalkan selimut yang hangat. Jadi agak saya paksa juga untuk shalat subuh sebentar. Habis shalat lanjut bobok lagi. Mungkin tubuh mereka mengirim sinyal, ini kan liburan, ngapain juga buru-buru bangun. Kami mulai start sarapan jam 07.00 pagi. Itupun si bungsu masih gak mau bangun, akhirnya dia kami tinggal di kamar, sementara kami sarapan di homestay. Salah satu fasilitasnya adalah sarapan. Sudah disedikan satu lauk, satu sayur, nasi, jus, teh/kopi/air hangat, dan susu. Memang tidak seperti hotel bintang empat yang sarapannya beraneka ragam. Tapi sudah cukup empat sehat lima sempurna kan. Saya dan si sulung makan santai di ruang makan. Kami kemudian minta ijin bawakan sarapan untuk si bungsu ke kamar. Ternyata dia sudah bangun. Akhirnya kami makan di teras depan kamar. Si bungsu menyukai menunya, terbukti dia ingin mengulang menu yang sama di hari berikutnya.

Sambil sarapan, adik dan keluarganya datang menjemput. Kami nongkrong-nongkrong di teras, karena tujuan wisata hari ini, Jatim Park 2, jaraknya tidak terlalu jauh, dan baru buka jam 10 pagi. Setelah selasai sarapan, mandi, kami siap berangkat sekitar jam 9 lebih. Memang dekat dari BNS. Cari-cari parkir, kemudian antri tiket. Saya salah antri tiket. Saya mau pakai boarding pass Citilink, sehingga harus di kantor Informasi beli tiketnya, tidak bisa beli tiket di counter yang biasa. Gak apa-apa deh, demi diskon 20%.

Kami beli paket Jatim Park 2 terdiri dari Museum Margasatwa dan Batu Secret Zoo. Sambil menunggu tempat wisata dibuka, kami santai-santai dulu sambil foto-foto di pelatarannya yang asyik. Pas jam 10, kami mulai masuk ke museum satwa. Agak lama juga di sini, karena si bungsu semangat foto2 objek yang ada di kaca dan juga baca informasi-informasi yang ada di tembok. Si sulung dan emaknya agak bosan juga, karena dia terlalu lambat nih. Beda orang beda pemikiran. Baru tiga orang saja sudah beda keinginan. Tapi karena dia masih kecil, tidak mungkin juga ditinggal sendiri. Itu juga yang menyebabkan rombongan keluargaku dan keluarga adik jalannya terpisah. Alhamdulilah kami bisa berkoordinasi pakai hand phone.

Sesudah itu, acara kami kanjutkan ke Batu Secret Zoo. Benar cerita-cerita yang saya baca di blog, kalau di Zoo ini memang lebih menarik. Kami melihat binatang yang sangat beraneka ragam, aneh-anah jenisnya. Trus anak-anak senang sekali foto-foto dengan binatang yang bisa dipegang tanpa pembatas apapun, walaupun harus bayar Rp 5000 ekstra. Mereka foto dengan burung, musang, ular, kuda poni. Trus sekali naik gajah, hampir naik unta juga. Setelah dipikir-pikir gak jadi. Selain itu kami juga nonton pertunjukan anjing laut. Wah kalau di Batam, kalau sedang ada pertunjukkan anjing laut, per orang aja bayarnya sekitar 30-40 ribuan.

Kami melewati bagian savana di afrika, di mana jalannya agak naik. Lumayan capek sih. Untung masih kuat dan si bungsu tidak minta gendong. Dia saat di gerbang malas-malasan, tapi semakin masuk ke Zoo, semkin semangat lho. Di daerah yang menanjak naik ada penyewaan sepeda listrik juga. Kami melewati wahana  permainan. Kami tertahan cukup lama di sini, karena si sulung dan si bungsu betah berlama-lama di sini. Kami sebetulnya punya rencana sesudah dari Jatim Park 2 mau ke museum angkot. Karena anak-anak tidak mau beranjak dari wahana permainan, akhirnya adik sekeluarga duluan ke museum angkot, dan kami tetap stand by di Jatim Park 2. Sebenarnya ada beberapa counter makan di sana, tapi kami memilih makan Pop Mie juga. Rencana beli Pop Mie untuk ganjal perut, tapi karena keasyikan main, akhirnya kami gak jadi makan berat, tapi diganti ama makanan ringan, seperti Siomay ama jus. Si bungsu mau mencoba keberuntungan di permainan ketangkasan. Hanya saja sistem permainannnya berbeda. Yach gak dapat boneka deh.

Kami ikut tur melihat wahana 5 benua, trus yang sangat seru ikutan Safari Farm. Saat antri, tiba-tiba ada tawaran tiga orang bisa duluan. Aku dengar pengumuman itu dan langsung deh keluar dari antrian. Safari farm sangat seru, karena binatangnya mendekat ke kereta yang kami naiki. Kami juga bisa kasih makan. Karena antri gak sampai ujung, kami gak beli wortel, makanan favorit binatang tsb. Si bungsu ddikasih wortel oleh penumpang lainnya, walaupun dia juga takut saat kasih makan ke binatangnya. Binatangnya responsif sekali dengan yang namanya wortel. Lihat wortel langsung dia nengok dan mendekat ke si pembawa wortel. Lumayan ngeri juga untuk si bungsu. Saya enggan juga didekati dengan keadaan seperti itu.

Setelah itu kami ke Baby Zoo. Si bungsu sengaja beli wortel. Dia kasih makan anak-anak hewan. Ada kambil, kelinci, keledai. Lagi-lagi kami tertahan di sini, karena si bungsu senang sekali dengan sekelompok anak kelinci. Dia gak mau jalan. Maunya di sana saja. Setelah cukup lama, kami shalat, habis shalat dia pengin ke tempat baby zoo lagi. Lumayan wasting time. Tapi gimana lagi.

Kami kemudian lewat taman mainan anak-anak, si bungsu juga tertarik main di sini. Sampai hari mulai gelap. Dari sini kami berencana pulang. Sambil jalan ke arah pintu keluar, kami beli jamu. Harganya lumayan mahal, sekitar 15 ribu, tapi rasanya mantap sekali. Bisa menghangatkan tubuhku yang mulai masuk angin. Ternyata masih ada wahana air dan harimau. Dua-duanya kelihatan seru. Hanya saja terpaksa kami skip, karena sudah capek dan sudah mendekati pukul 18.00, di mana wahana tersebut akan tutup.

Di pelataran, lagi-lagi si sulung tertarik beli kaos. Hobby banget ya beli kaos. Saat beli-beli kaos, adik telpon menawarkan jemputan. Kami janjian di pintu masuk Jatim Park 2 supaya adik gak usah bayar parkir lagi. Ternyata pas sekali. Begitu  kami sampai di pintu masuk, mobilnya datang.

Sesudah mandi, kami makan malam. Kami pilih makan nasi goreng yang dijual di depan home stay. Ternyata si bungsu tidak tahan dengan rasa nasi goreng yang agak pedas, sehingga kami terpaksa cari makanan lain untuk dia. Sesudah istirahat, saya rapikan barang-barang di koper, untuk persiapan besok. Kami mau check out besok pagi.