Hunting beasiswa LPDP

Ceritanya di pertengahan tahun 2015, sekitar bulan September. Sesudah les selesai, ada teman yang cerita sesuatu ke temannya. Bukan ke aku sih, tapi aku dengar sekilas sambil memakai sepatu. Ternyata ada pembukaan beasiswa afirmasi batch ketiga tahun 2015. Setahuku di jadwal kan hanya dibuka dua kali. Aku ada rencana ikut beasiswa ini, tapi karena masih dibuka di bulan Januari 2016, jadinya masih santai belum persiapan apa-apa.

Sampai rumah, langsung deh cek ke webnya, ternyata benar. Tiba-tiba saja pengin ikut beasiswa tersebut. Kebetulan sudah punya sertifikat ITP. Dokumen yang harus disiapkan masih banyak, antara lain : (1) ijin dari kampus, (2) rekomendasi dari atasan, (3) surat keterangan sehat dari dokter pemerintah, (4) dua buah essay. Waktu yang tersedia itu hanya satu minggu lho. Terus di waktu tersebut ada kunjungan dari asesor akreditasi. Bisa dibayangkan gimana singkatnya waktu yang ada. Aku ini termasuk orang yang perfeksionis, jadi kalau buat essay kurang bagus, akan diedit terus sampai bagus. Aku sudah cicil upload semua dokumen, kecuali essay, karena memang belum selesai. Untungnya selesai juga di hari terakhir penutupan beasiswa. Tapi apa yang terjadi? Webnya tidak bisa diakses lagi. Sangat lambat sekali. Aku sudah coba sampai tengah malam, gagal terus. Banyak komentar di FB LPDP mengeluhkan hal tersebut. Aku coba lagi besok sorenya, akhirnya bisa juga upload essayku dan dapat kartu peserta. LPDP ternyata masih berbaik hati, karena aku masih diikutkan juga untuk seleksi di bactch 3 tersebut.

Tahap selanjutnya adalah :

  1. menanti hasil seleksi administrasi, tahap ini tidak terlalu terasa, karena kesibukan pekerjaan
  2. wawancara, kebetulan aku pilihnya di Bandung. Ada tiga tahapan, yaitu wawancara, LGD, dan menulis essay. Yang paling seru tentunya wawancara dan kayaknya ini yang paling menentukan ya. LGD alhamdulilah lancar. Teman-teman yang bareng LGD ama aku juga enak diajak kerja sama, sehingga diskusinya enak dan runtut. menulis essay juga lancar-lancar saja. Kebetulan aku kan suka mengarang.
  3. pengumuman dapat beasiswa/tidak. Menunggu hasilnya ini mendebarkan sekali. Apalagi aku ikut grup di media sosial, jadi baca-baca juga status teman-teman seperjuangan, bagaimana perasaan mereka menunggu saat-saat tersebut. Aku saat dapat email pengumuman malah sedang les. Jadi gak konsen lesnya nih. Baca pengumuman lolos, seneng banget. Tapi kok dapat email lagi, beasiswanya dipindahkan ke perguruan tinggi dalam negeri. Jadi menurun drastis gitu kegembiraannya.
  4. pengayaan bahasa (PB). Tahap ini juga lama banget. Pengumuman beasiswa tgl 10 Desember, baru dapat undangan PB di pertengahan bulan Maret ya. Sekarang sedang diikuti nih.
  5. hunting cari sekolah (yang ini LPDP tidak terkait langsung, tapi urutannya mestinya seperti ini ya). Yang ini juga sedang diikuti
  6. pelatihan kepemimpinan (PK). Ini belum diikuti. Dengar info, kalau saat puasa tidak ada PK. Paling cepat setelah lebaran, jadi paling cepat di pertengah bulan Juli 2016

 

Leave a Reply

