Berpetualang ke Surabaya

Aku sudah lama sekali tidak ke Surabaya. Terakhir ke sini saat kelas 6 SD, ke kebun binatang Wonokromo sambil lihat patung Hiu dan Buaya. Minggu lalu kesampaian juga mengunjungi kota ini lagi.

Bekal perjalanan sudah lengkap, tiket pesawat, booking hotel, masih ada satu agenda, buat slide untuk seminar. Batam-Surabaya ternyata tidak terlalu jauh, hanya 2 jam perjalanan. Tidur di pesawat belum sempurna, karena tiba-tiba saja sudah sampai tujuan. Tujuan kali ini adalah ikut seminar di PENS. Sebenarnya tidak tahu juga PENS itu ada di mana, pokoknya di kawasan ITS.

Ternyata tiket pesawat dimajukan, asalnya jam 17.30 menjadi jam 12.00. Wah…terpaksa mengubah jadwal hari ini. Sebelumnya pengin ngampus seharian, jadi cuma sampai jam 10.30 saja, karena harus cepat-cepat ke bandara. Singkat cerita sampailah ke bandara Juanda. Sampai bandara cari taksi ke hotel. Modelnya borongan, dipatok 125.000. Naik Mobilio. Kami menyusuri kota Sidoarjo, dengan cukup lambat, karena jalanan yang sempit itu sangat padat.

Ternyata hotelnya agak di pinggiran, maklumlah dipilih hotel yang dekat dengan kampus. Malam ini akan diisi dengan membuat slide sesuai dengan rencana. Habis maghrib perut kelaparan, padahal sudah makan dua roti jam 2 jam yang lalu. Akhirnya cari rumah makan di dekat hotel. Tengak-tengok, gak ketemu rumah makan satupun. Teringat tadi sempat lihat ada food court di bangunan hotel. Sempat ragu untuk masuk, kuatir sudah habis. Ternyata masih jualan. Pesan nasi rawon sama teh panas. Efek ngadem di kamar hotel, jadi agak masuk angin, sehingga butuh minuman hangat. Harganya standar saja, mirip-mirip di Batam juga.

Sambil menyelesaikan slide, nonton acara tentang bisnis katering menyiapkan makanan untuk pesawat. Rumit banget ternyata. Yang kutonton kebetulan menampilkan pesawat dengan schedule on time. Bagaimana ya dengan kasus  pewasat yang delay. Pasti kalau ditampilkan akan lebih menarik lagi.

Selasa pagi dijemput ama panitia, kemudian diajak menjemput peserta lainnya ke hotel Sheraton. Akhirnya kesampaian juga melihat kota Surabaya yang asri dan indah itu. Banyak gedung-gedung bertingkat, banyak taman, terasa rindang, bersih. Keren poll. Apalagi ditambah suasana pagi yang masih sejuk.

Seminar berjalan lancar, dapat kenalan beberapa orang, ditambah reunian dengan teman-teman yang sudah pernah ketemu sebelumnya. Dosen-dosen PENS itu ramah-ramah dan baik hati banget ya. Bahkan dapat masukan juga dari profesor dari Jepang, salah seorang keynote speaker, bu Wahyu, dan teman-teman lainnya terkait penelitianku. Senang sekali, karena dapat feedback hal-hal yang bisa dikembangkan, yang belum terpikirkan. Acara berlangsung sampai malam, karena habis magrib ada acara makan-makan dulu. Saat menuju ke rumah makan, baru deh terasa suasana Surabaya yang ternyata macet banget. Kami sempat terjebak macet cukup lama.

Jpeg

Pagi-pagi aku sudah meninggalkan Surabaya kembali ke Batam. Lagi-lagi karena pesawat dengan semena-mena memajukan jadwal penerbangan, asalnya jam 14.30 menjadi jam 09.00 pagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s