Dari Jumat Krida ke Bersepeda

Sejak awal semester ini, kampus ada kegiatan baru, namanya Jumat Krida. Hari Jumat dari pagi sampai jam 11 dikosongkan tidak ada perkuliahan, dan diganti dengan kegiatan olahraga. Diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan olahraga sesuai dengan kegemaran masing-masing.

Setelah lama malas berolahraga, aku ngerasa habis olahraga rasanya badan lebih fit dan segar, sehingga aku melanjutkan olahraga naik sepeda statis di rumah. Hanya saja, gak kuat bosannya. Setengah jam itu rasanya lama banget. Padahal naik sepeda itu sambil nonton film Naruto di TV. Sayangnya repot kalau main sepeda sambil main game.

Akhirnya beralih ke main sepeda beneran. Kebetulan suami pengin beli sepeda baru yang lebih canggih dan mahal. Jadi di rumah ada dua sepeda. Akhirnya aku ikutan main sepeda ke jalanan dan ladang yang ada di Batam. Kalau di jalan, cenderung lebih enak dan bisa diprediksikan. Maklum, aku sudah hafal blok-blok jalan yang mengelingi kompleks rumah kami. Hanya saja agak was-was dengan kendaraan bermotor dan orang jahat lainnya, karena main sepedaannya tuh pagi-pagi banget, jam 5.30-5.00. Beberapa lampu jalanan malah dimatikan pada jam tersebut, sehingga jalan menjadi gelap gulita. Bersepeda membuatku sadar kalau daerah tempatku tinggal ternyata konturnya tidak rata, tapi naik turun.

Aku sejauh ini sudah tiga kali bersepeda di jalan dan dua kali di ladang. Kalau di ladang, jalannya sangat menantang, naik turun, dan aku belum hafal, sehingga susah memprediksikan. Beberapa jalanan sangat terjal dan turunannya sangat tajam. Aku mainkan rem sepeda sambil takut kalau jatuh. Beberapa kali aku tuntun sepeda, karena gak kuat mengayuhnya. Tapi secara keseluruhan senang sih. Naik sepeda 30 menit-60 menit gak kerasa. Gak menjemukan seperti naik sepeda statis yang kerjaanku selain ngayuh sepeda sambil nonton naruto adalah melirik jarum jam.

Leave a Reply

