Soto Kudus dan Soto Kemiri

Soto adalah masakan yang dikenal luas di Indonesia. Dalam perjalanan menuju ke kota kelahiran, kami singgah ke kota Kudus, untuk makan soto Kudus. Rasanya enak banget. Yang khas, sotonya dikasih bawang goreng dalam potongan tebal, sehingga aroma bawang putih tercium dengan cukup tajam. Ada soto ayam dan soto kebo(kerbau). Di Kudus orang tidak menyembelih sapi, sesuai dengan anjuran dari sunan Kudus pada jaman dahulu kala.Kami makan di sebuah pasar, di dekat Ramayanana, di dekat alun-alun. Di sana berderet warung-warung soto dan counter hand phone. Pada awalnya Sofia tidak mau makan, tapi setelah mencobanya sedikit, dia ternyata suka, sehingga kuputuskan menambah satu mangkok lagi. Harganya menurutku cukup mahal juga, Rp 10 ribu per mangkok, hampir sama dengan soto kuali di Batam ya.

Saat di Pati, kami makan soto kemiri. Ada beberapa warung soto kemiri. Kami mencoba satu warung, yang ternyata Sofia merasa cocok makan di sana, karena masakannya enak dan penjualnya cantik. Anak cewek suka mbak-mbak yang cantik juga ya. Soto kemiri ini pakai santan, berbeda dengan soto Kudus yang encer saja. Hanya saja variasi isinya hanya suwran ayam, tauge, dan sedikit bihun, tidak seramai soto kudus ya. Soto kemiri beserta nasi semangkoknya hanya Rp 4 ribu saja. Kalau lauknya ditambah tempe, lumayan hemat banget, karena sangat murah. Tapi kalau ambil lauk tambahan ayam, harus keluar uang dua kali lipatnya.

Di tempat tinggalku, wisata kuliner tidak terlalu banyak pilihan. Selain soto, ada nasi gandul, gulai, bakso, mi ayam, mi, nasi goreng, bubur ayam, dan pem-pek. Kami ditraktir ama nenek mi rebus. Mie ditambah campuran kol dan suwiran ayam. Yang membuat enak adalah kaldu ayamnya. Harganya juga murah meriah, masih di bawah 10 ribu. Kalau Nurul, setiap penjual sayur datang, dia menanyakan Utuk-utuk, makanan dari beras tapi kasar yang dicampur santan, sehingga rasanya gurih. Dia dan kakeknya hobi beli snack tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s