Problem based learning(PBL)

Oleh-oleh training seminggu tentang PBL, yg diadakan di Batam dan singapura. Training tsb mengajarkan secara detil tentang tahapan PBL, yaitu merumuskan masalah, membuat penguat(scaffold) dan membuat penutupan. Trainernya berasal dari Republic Polytechnic Singapore, yang diikuti banyak perwakilan politeknik dari seluruh Indonesia.

Acara berlangsung cukup seru, dengan sedikit ceramah dan banyak waktu untuk mengerjakan tugas yang diberikan secara berkelompok. Fasilitator banyak memberikan pertanyaan yang dijawab peserta dengan antusias. Dan menariknya penanya atau penjawab dapat coklat…..seneng juga dapat coklat. Aku juga senang jawab-jawab pertanyaannya dan mengajukan pertanyaan. Bukan karena coklat sih, tapi emang ngerasa senang kalau bisa terlibat. Jadi gak ngantuk dan berusaha memahami apa yang dimaksud fasilitator. Peserta lain juga aktif berpartisipasi. Baru sadar kalau orang Indonesia ternyata bisa seaktif itu.

Acara hari terakhir berlangsung di Singapura. Ada satu sesi materi, dilanjutkan studi tour di RP. Teman-teman lainnya menginap di singapura, dan akan lanjut jalan- jalan, tapi aku kembali ke Batam sore itu, karena pertimbangan keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s