Main di USS

Minggu ini ternyata ada liburan panjang, 4 hari. Seneng banget…Ditambah bonus tim lengkap, semua anggota tim libur semua. Libur panjang yang tidak terdeteksi di awal, sehingga tidak bisa mempersiapkan banyak hal untuk liburan.

Di saat-saat menjelang liburan, terpikir mau ke Malaysia, ke KL dan Genting. Telpon travel, ternyata sudah full. Sempat terpikir mau back packer-an saja, tapi kuatir juga kalau susah cari penginapan, mengingat belum pengalaman di Malaysia, hari libur panjang yang biasanya ramai sekali wisatawan, sedang musim hujan, dan ada bayi juga. Alasannya banyak ya…

Masih ngotot ke Malaysia, mau ke Legoland. Hanya setelah baca-baca komentar orang di internet, katanya Legoland itu terlalu panas, dan agak susah menemukan tempat berteduh kalau hujan. Padahal cuaca bulan-bulan ini sangat tidak menentu ya..

Akhirnya berubah haluan, ke Singapura saja. Kami belum pernah masuk ke Universal Studio Singapore(USS). 1.5 tahun yang lalu, kami pernah ke sini juga, pada saat liburan bersama keluarga dek Tata. Belum sempat masuk, hanya main-main di luar saja, mengingat waktunya sangat terbatas, dan jumlah orang yang ikut tur sangat banyak, sehingga keinginannya juga banyak. Kunjungan pertama itu memberi petunjuk tentang jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tempat itu.

Dari rumah jam 08.00 menuju ke pelabuhan ferry Batam Center. Ternyata jam segitu sudah kesiangan. Tiket jam 08.20 sudah habis, tinggal jam 09.50. Wah sayang banget. Kami harus menunggu cukup lama di pelabuhan ferry. Pelabuhan pagi itu cukup ramai dengan orang yang mau menyeberang ke Malaysia atau Singapura. Sambil menunggu ferry, kami membeli snack dan minuman botol. Ternyata ada mini market dan morning bakery. Harganya lebih mahal sih, hanya saja kami memang membutuhkannya, mengingat persediaan makanan di rumah juga sangat sedikit.

Di ferry, kami bertemu dengan anak perempuan sebaya dengan Sofia. Anaknya pemberani, dia mau menyapa Sofia dan Nurul. Sofia seneng sih dapat teman baru, hanya saja masih suka malu-malu dan jaim. Kami sampai di Singapura jam 11 WIB atau jam 12.00 waktu singapura. Antrian imigrasi sudah ramai. Kalau sedang liburan seperti ini, bisa dipastikan antrian imigrasi pasti sangat ramai. Untung saja Sofia masih enjoy-enjoy saja. Interior dan penataan di imigrasi banyak mengalami perubahan. Sekarang kesannya tambah lapang deh…

Sesudah keluar dari imigrasi, kami checkin ke counter Batam Fast untuk perjalanan pulang nanti malam. Kemudian membeli makan siang di Banquet. Di sini, kuperhatikan, kebanyakan conter dipasang stiker halal, baik masakan melayu, noodle, eropa, dan masakan-masakan lainnya. Aman deh kalau begitu. Uun dan mama beli noodle, yaitu fish ball noodle dan laksa. Ayah seperti biasa, makan nasi.

Sesudah kenyang, kami bersiap-siap memulai jalan-jalan. Kami ke Resort World Sentosa(RWs), naik bis. Kami keluar dari Harbour Front menuju ke halte terdekat. Tanpa harus menunggu, bisnya sudah datang. Bis berhenti di tempat parkir RSW. Kami sudah pernah ke sana sebelumnya, sehingga tidak susah menemukan USS. Sampai di lokasi, kami foto-foto di bola dunia besar, beli tiket yang tidak perlu mengantri, kemudian langsung masuk ke lokasi.

Mulai petualangan baru di USS.

Saat membeli tiket, kami mendapat peta lokasi. Peta dipelajari sebentar. Preview saja. Agak susah membacanya, karena terlalu banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi. Sambil jalan, kami melihat pertunjukkan atau permainan yang akan dimulai. Di pintu masuknya tertera berapa lama kita harus menunggu. Mungkin harapannya supaya tidak menyesal, sudah terlanjur masuk ternyata menunggunya terlalu lama. Ada 4 pertunjukkan yang kami ikuti : Monster Rock, Action Effect, petualangan ke Mesir kuno, dan Shrek 4D. Sedangkan permainannya ada 3, 1 bagian SCI-FI, permainan seperti cangkir yang berputar dan 2 di bagian lost World, yaitu mini roll coaster dan naik Dinosaurus. Yang paling lama antri di bagian petualangan Mesir Kuno. Agak menyesal juga. Tapi sudah terlanjur juga sih…

uss

Selain permainan dan pertunjukkan, banyak sekali dijual suvenir dan makanan. Hanya saja, kami tidak mengunjungi kedua tempat itu, mengingat sudah makan siang sebelumnya dan dolarnya sudah menipis. Lagi pula anak-anak juga tidak pengin nengok-nengok toko suvenir. Mungkin mikirnya daripada lihat-lihat dan jadi kepingin, mendingan gak lihat sama sekali. Bagus…

Beberapa kali ketemu beberapa orang yang berkostum sesuai dengan tema tempat yang dikunjungi. Kami ikut foto bersama. Yang agak disayangkan adalah musholla yang sangat kecil. Mau shalat susah banget deh…Tidak sepadan dengan USS yang sangat luas itu.

Saat main di USS rasanya waktu berjalan sangat cepat. Tak terasa jam 19.00 sudah menjelang. Pertunjukkan dan permainan sudah tutup. USS-nya sih masih buka, karena masih banyak orang juga. Hanya saja, kami tidak berlama-lama di sana, mengingat kami berencana balik ke Batam malam itu juga. Kami kembali ke Harbour Front naik monorel yang ternyata gratis.

Sampai di Harbour Front, kami makan dulu, kemudian antri lagi di imigrasi di Singapura dan Batam. Hm…hari yang melelahkan tapi menyenangkan. Sofia juga terlihat gembira. Dia bahkan tidak mengantuk sedikitpun. Dia mengantuk saat duduk di atas Ferry, lagi makan kentang, terus matanya merem dan kepalanya terangguk-angguk. Akhirnya dipeluk deh…