Hari Pertama Tahun 2012

Kami bangun jam 06.00 pagi. Di luar masih gelap sekali. Berarti tidak telat dong sholat subuhnya. Waktu Singapura satu jam lebih cepat, sehingga jam 06.00 di sini hampir sama dengan jam 05.00 di Batam. Kenapa ya jamnya dibuat satu jam lebih cepat? Kali ini kami lebih santai, karena acara hari ini adalah acara kami sendiri, yaitu jalan-jalan ke Singapore zoo, kemudian pulang ke Batam. Targetnya naik feri jam 18.50.

Kami isi pagi tersebut dengan menata ransel, sarapan dengan mie gelas sambil membuat teh tarik. Lumayan juga bisa buat minuman hangat. Kebetulan breakfast dijual terpisah tidak satu paket dengan hotel. Harga hotel di Singapura mahal sekali. Untuk kelas yang sama, harganya bisa 3 s.d. 4 kali harga hotel di Batam. Jadi malas beli sarapan di hotel. Jam 09.00 kami check out.

Marriot

Berempat di depan Marriot

Pada saat kami menuju ke stasiun MRT, ada rombongan keluarga lain yang menghampiri kami. Mereka menanyakan nomor bus menuju ke China Town. Pertanyaan yang sulit, karena kami tidak tahu juga nomornya. Ternyata mereka juga berasal dari Batam. Akhirnya kami usulkan naik MRT saja, di stasiun di Orchard. Dari sana bisa ke China Town juga.

Kami berjalan bersama, sambil berkenalan lebih lanjut. Sampai di Orchard stasiun, mereka tertarik juga mengunjungi Zoo. Ayo deh barengan saja.Kami naik MRT ke Ang Mo Kio. Dilanjutkan dengan naik bis no 138 jurusan Zoo. Kami sebelumnya memang sudah mencari tahu rute MRT dan bis dari internet. Supaya gampang saja. Terbukti bahwa persiapan yang baik, membuat perjalanan menjadi lancar.

Perjalanan yang ditempuh cukup lama juga, sekitar 1 jam lebih. Suasana di Zoo sangatlah ramai, terasa lebih ramai dibandingkan Science Centre. Mungkin karena hari ini hari libur dan cuaca sangat cerah. Biaya masuknya sangat mahal. Kami mengambil paket Zoo dan naik tram, dengan biaya Sg$ 25, sekitar Rp 180.000. Bandingkan dengan biaya masuk di kebun binatang Bandung, rasanya sekitar Rp 20.000 saja per orang.

Monkey

Action di depan kandang monyet

Hewan-hewannya banyak yang aneh-aneh, antara lain Penguin, Walrus, beruang, kura-kura raksasa, jerapah, dll. Selain itu terdapat taman-taman berisi berbagai tanaman yang aneh-aneh. Penataannya dibuat sealami mungkin, tidak terlalu kelihatan kandangnya. Pertama-tama kami naik tram, semacam mobil berbentuk kereta api terbuka, keliling kebun binatang. Sesudah itu diulang mengunjungi binatang favorit kami. Tujuan pertama adalah Penguin. Kami ingin tahu seperti apa sih penguin yang kami sukai itu. Ternyata setelah ketemu, terasa biasa saja ya. Lebih lucuan boneka dan film kartunnya. Kalau Nurul ingin melihat kura-kura raksasa. Kami baru menjelajah sekitar 50% saja. Itupun sudah pegal sekali.

Penguin

Harga makanan di Zoo mahal sekali, rata-rata per setnya Sg$ 10. Beda tempat beda harga. Selain melihat binatang, ada juga pertunjukkan pada jam-jam tertentu. Kami berhasil menonton satu kali pertunjukkan Rain Forest Fight Back. Semua kursi yang tersedia penuh. Pertunjukannya biasa saja, tidak terlalu istimewa.

kura-kura raksasa

Jam 15.30 kami keluar dari kebun binatang. Kami naik bis ke Choa Chu Kang Station. Disambung MRT ke Jurong East dan naik taksi ke Harbour Front. Cukup berliku-liku. Di Harbour Front, kami berencana menukar vocer belanja di sebuah toko kue dan membeli mainan untuk Nurul. Pada awalnya mau cari mainan di Vivo city, toko yang pernah aku kunjungi bulan lalu. Tapi kok gak ketemu ya tokonya? Aneh banget. Kami cek di map juga gak ada.

Akhirnya kami membeli mainan burung-burungan yang bisa berkicau kalau ada suara ama disentuh. Tidak lupa beli cemilan dan minuman. Antrian di imigrasi ramai sekali. Kuperhatikan tentengan belanjaan mereka barang-barang bermerk semua. Gak boleh iri ya…Sofia asyik ngemil kentang goreng di kereta dorongnya. Tiba-tiba petugas menyuruh kami berempat keluar dari antrian dan langsung ke meja imigrasi. Wah senangnya….gak perlu ngantri lagi dan bisa terbebas dari kerumunan yang panjang itu. Kupikir karena kami membawa bayi, jadi dipermudah gak perlu antri terlalu lama. Thx God…