Sinetron religius dan Persaingan TV

Sekarang saya mengikuti lagi sintron KCB. Mengikuti artinya nonton setiap sore. Sore menjelang malam, menjelang waktu mahrib. Sambil main ama Sophie dan Nurul, sambil makan malam, dan pekerjaan-pekerjaan lain.

Jalan ceritanya mudah ditebak. Saya seneng aja, ngelihat yang main, aktingnya bagus dan banyak pesan-pesan yang membangun. Saat ini sinetron religius sedang ngetop. Selain KCB, ada Islam KTP, Pesantren & Rock and Roll. Bagus juga sih. Sambil nonton, kan bisa belajar agama.

Agaknya RCTI dan SCTV selalu bersaing dalam penyajian acara. SCTV ada sinetron religius, RCTI buru-buru membuat acara yang sama. Selain sintron, persaingan kedua stasiun TV ini juga tampak, pada saat menayangkan berita. Sama-sama jam 12.00 siang. Agak disayangkan ya, kedua acara berita ini disiarkan dalam waktu yang sama. Karena kalau ada berita penting, tidak bisa dipantau dalam waktu yang cepat. Misalnya berita jam 13.00, baru muncul sore hari. Coba kalau kedua berita itu tidak muncul bersamaan, misalnya RCTI jam 12.00, SCTV jam 14.00. Isi beritanya bisa berbeda, dan cakupannya menjadi luas.

Trus, habis berita, kedua stasiun itu juga menayangkan sinetron pendek, dengan nama FTV. Yang memulai SCTV, RCTI tidak mau ketinggalan. Acara musik juga seperti itu. Antara dashyat dan Inbox ditayangkan dalam jam yang sama.

Mungkin kedua stasiun TV itu agak jenuh ya, sehingga kelihatan sekali tidak kreatif. Saling mengekor acara temannya, gara-gara acara tersebut ratingnya tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s