Persiapan Training ke Jepang

Tibalah hari yang ditunggu, yaitu saat pemberitahuan diterima atau tidaknya sebagai peserta training. Ternyata saya diterima. Wah senang sekali. Masalah muncul lagi, karena pengurusan visa harus dilakukan di konsulat Jepang di Medan. Wah..Medan. Saya belum pernah ke Medan, sehingga sama sekali tidak tahu seperti apa sih Medan itu. Lama pengurusan tiga hari lagi. Masa sih saya harus ke Medan selama itu?

Terpaksa saya mengontak beberapa teman yang berasal dari Medan. Ada beberapa teman kuliah yang asalnya dari Medan, tetapi mereka sedang berdomisili di luar kota Medan. Ada ide dari teman supaya menggunakan biro jasa yang bisa menguruskan visa. Agak ragu-ragu juga, kuatir biro jasanya kurang terpercaya, dan passpor menjadi hilang.

Cerita ama mamaku, tentang training ini dan kesulitan yang sedang dihadapi. Ternyata mamaku memberi info yang sangat bagus, yaitu kakak sepupuku yang asalnya bekerja di Surabaya, saat ini sedang ditugaskan ke Medan. Wah…keren banget infonya. Akhirnya saya kontak si kakak, dan minta bantuannya untuk mengurus visa. Lega banget…

Selain visa, peserta training harus membawa sejumlah uang yen. Putar-putar kota Batam untuk menukar yen. Pada mulanya saya dan suami berpikir, kalau di Bank pasti bisa menukar mata uang asing. Ternyata bank mandiri, bank BII tidak melayani penukaran yen. Justru kami menemukan uang yen di money changer. Salah kira…

2 thoughts on “Persiapan Training ke Jepang

  1. lebih parah saya, orang batak tapi tak pernah menyentuh sumatera utara haha..termasuk medan. Kalau bisa, foto2 Medan nya juga masukkan ke blog😛

    Like

Leave a Reply

