Belajar Menjadi Dewasa Dari Seorang Anak kecil

Jalan Lewat Lapangan

Jalan Lewat Lapangan

Aku kadang menginginkan suatu keteraturan, siang hari semua bekerja, istri dan suami, anak sekolah, sedangkan malam hari semuanya berkumpul di dalam rumah. Tapi sebenarnya untuk apa sih aturan semacam itu. Mengapa aku mempunyai keinginan yang aneh-aneh? Bisa sajadi karena tradisi sejak kecil, yang sangat teratur, siang untuk bekerja dan malam adalah saat berkumpul bersama keluarga.

Keteraturan ini sedikit demi sedikit mulai terganggu, pada saat suami sering pulang sampai malam, aku juga ada pekerjaan tambahan di malam hari.

Pada saat aku belum kerja di malam hari, persoalan kerja lembur suami, kadang berujung pada pertengkaran. Kesanku adalah suami mengabaikan istri dan anak di rumah. Pada saat aku mulai kerja malam, Nurul sedikit merasa ditinggalkan, hanya saja dia bisa menerimanya dengan lapang dada. Ternyata anak kecil yang belum enam tahun bisa lebih dewasa daripada mamanya sendiri. Kadang dia memang sedikit manja, ingin ditemani nonton, dll. Akan tetapi dia bisa melepasku dengan tenang, dan tidur tanpa ditemani mamanya. Tidak ada ngambek, dan tidak ada pertengkaran. Aku mencoba belajar dari anak, untuk menerima dengan lapang dada, ketika suami harus kerja lembur. Karena apa suami yang ingin kerja sampai larut malam? Tentunya tidak. Keadaanlah yang membuatnya harus bekerja sampai larut malam. Dia akan pulang dalam kondisi kecapekan baik mental maupun fisik.

Alangkah kekanak-kanakannya, jika istri menyambutnya dengan pertengkaran. Siapa yang mau? Lebih enak, kalau dengan kelapangan hati dan dengan dukungan untuk tetap berjuang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s