Mahasiswa Kesayangan?

Ilalang

Ilalang

Saya itu senang sekali dengan mahasiswa yang ekspresif dan talk aktif. Mampu mengemukakan ide atau pemikirannya dengan berani. Menurut saya, mahasiswa Politeknik Batam, banyak yang seperti itu. Hal ini saya ketahui pada saat bimbingan proyek akhir (PA) atau Tugas akhir (TA). Mereka berani menerangkan ide-idenya kepada dosen, dengan lancar, tanpa embel-embel grogi, bahkan kalau perlu mendebat dosennya. Baik mahasiswa yang masuk kelas unggulan atau kelas biasa-biasa saja.

Kalau pada saat kuliah selain PA/TA, hal seperti ini dijumpai di kelas unggulan. Mereka akan bertanya, sampai benar-benar mengerti dan mendapat jawaban yang memuaskan. Great. Di kelas biasa, cenderung lebih tenang dan stabil. Mengapa ya? Apa karena mahasiswa kelas biasa belum terdesak, untuk menanyakan secara lebih detail tentang permasalahan yang terjadi, sehingga cenderung lebih tenang?

Pada saat S2 lalu, pernah dua kali ikut kuliah dengan mahasiswa S1.Mereka tenang dan menyimak kuliah dengan baik. Malah saya yang kadang-kadang menyemarakkan kelas dengan pertanyaan tentang hal-hal yang tidak saya mengerti.

Saya pribadi, lebih menyukai kelas yang banyak diskusinya. Jika hanya penjelasan, saya cenderung mengantuk. Mungkin karena termasuk tipe kinestetik ya….Pada saat kuliah, saya tidak akan mengantuk pada saat kuliah di kelas pak Benhard, karena dia menerangkan 1 kalimat, sesudah itu langsung balik bertanya kepada mahasiswanya. Otak langsung bekerja, dan tidak sempat lagi mengantuk…

2 thoughts on “Mahasiswa Kesayangan?

  1. saya menyimpang dari judulnya … hehe.. saya senang melihat foto ilalangnya.. masih adakah padang ilalang begitu? jadi melow liatnya😀

    Like

Leave a Reply

