Melamunkan Komunitas

Komunitas IF

Komunitas IF

Membaca blog Dewi Lestari, seakan kembali ke masa lalu, pada saat saya berkumpul dengan teman-teman yang mempunyai pemiiran seide dengan Dee. Pemikiran idealis dan diungkapkan baik dalam bentuk obrolan ngalor-ngidul, dalam bentuk diskusi sore, dalam bentuk selebaran, dalam bentuk training, bahkan dalam bentuk seminar nasional. Rasanya kangen juga mengingat suasana masa lalu yang sangat “guyub”. Suatu komunitas yang sangat kental kekeluargaannya sekaligus sangat idealis, dan kadang bertingkah aneh-aneh.

Ada semacam pergeseran gara-gara umur, hm…rasanya gak juga ya…Dee juga berumur 30-an, hanya saja pemikirannya sangat idelis. Bisa jadi karena belum menemukan komunitas yang tepat, semacam komunitas masa lalu.

Sekarang medianya sedikit berbeda. Kalau komunitas dulu bentuknya memang bertemanan yang bertatap muka langsung, ke mana-mana bareng, ngobrol bareng, makan bareng, dll, sekarang komunitasnya adalah dalam bentuk blog walking. Saling memberi komentar, atau kenalan, dengan para blogger yang tulisannya menarik dan seide.

Untuk komunitas realitas sendiri, saya belum menemukan satu komunitas yang bisa sesolid komunitas masa lalu saya. Ada komunitas kampus, komunitas keluarga inti: saya, suami, dan anak. Suasananya sudah berbeda. Btw, mana ada sih dua komunitas yang penyusunnya saja berbeda, kok saya menginginkan hal yang sama….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s