Bagaimana Cara Membelah Batu?

Pohon yang Tumbuh

Pohon yang Tumbuh

Pada suatu hari, tanpa dinyana-nyana, pada saat kuliah, pak Iping bercerita tentang cara membelahkan batu. Bagaimana cara membelah batu?
a. mencari paku agar cepat memecahkan batu
b. dengan latihan disertai kesenangan berlatih

Cara pertama maksudnya, mencari alat atau cara yang bisa memecahkan batu dengan cepat. Ada banyak solusi untuk memecahkan masalah, dengan berbagai macam kualitasnya. Ada solusi yang mudah tapi lama, ada solusi yang susah tapi lama, ada solusi yang susah tapi cepat, dan paling bagus adalah solusi yang mudah tapi bisa memecahkan masalah dengan cepat.

Alternatif pencarian solusi ini mirip dengan pembuatan algoritma. Misalnya saja algoritma sorting. Ada beraneka ragam algoritma sorting yang ditemukan manusia, tentunya dengan berbagai macam kualitas. Ada orang yang menemukan suatu algoritma sorting, penemuan ini diperbaiki oleh orang yang lain, dengan algoritma sorting lain, yang tentunya lebih bagus kualitasnya. Dan orang tidak akan berhenti berpikir untuk mencari solusi yang paling optimal. Jika kita tahu beberapa cara untuk memecahkan masalah, dengan berbagai kualitasnya, tentunya kita pilih cara yang paling optimal.

Cara kedua lebih menekankan pada si pemecah batu. Jika dia biasa berlatih memecahkan batu, maka dia akan bisa memecahkan batu dengan mudah dibanding orang yang tidak pernah berlatih. Bagi orang yang tidak pernah berlatih, saat memegang palu mungkin merasa takut dan tegang. Kasus yang sama bisa diterapkan pada saat membuat program. Orang yang tidak pernah berlatih mengkoding program, pasti akan belepotan pada hal-hal sederhana, misalnya bagaimana cara kompilasi, bagaimana cara eksekusi, bagaimana cara menulis kode if-then, dll.

Kata algoritma yang sangat kita kenal sebenarnya berasal dari nama seorang pemikir besar muslim, Alkhowarijm. Beliau seorang pemikir besar tentang solusi. Kata Alkhowarijm, “semua problem ada solusinya, jika kita tahu cara membelahnya.

3 thoughts on “Bagaimana Cara Membelah Batu?

  1. alo risna….
    wajar kok, kalau kamu gak ingat, karena cerita membelah batu diceritakan pada saat kuliah S2 lalu.

    Btw, Risna masih banyak ingat ya, ttg cerita2 saat kuliah pada saat S1? Hebat ya🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s