Yuk Mengaji di Masjid Raya Batam

masjid-raya

masjid-raya

Bagi yang ingin anaknya belajar membaca Al-Quran, dapat belajar di masjid raya Batam, Batam Centre. Di sana ada TPQ(Taman Pendidikan Quran) dengan metode Qiroaty. Metode Qiroaty sendiri sangat terkenal di Indonesia, karena membantu anak belajar membaca step by step, mulai dari materi yang paling dasar, sampai materi tingkat lanjut. Waktu belajar setiap hari, mulai dari Senin sampai Jumat, jam 16.00 s.d. 17.30.

TPQ di masjid raya ini diajar oleh ustad dan ustadzah yang sudah berpengalaman. Biaya bulanannya tidak terlalu mahal, berupa infak, minimal Rp 50.000. Cukup fleksibel, bagi yang punya rezeki banyak, bisa memberikan infak yang lebih banyak, bagi yang rejekinya cukup, bisa membayar sejumlah uang tadi. Tidak terlalu memberatkan. Cara pendaftarannya cukup sederhana, tinggal ke masjid raya, di bagian perpustakaan, untuk mengisi formulir pendaftaran. Untuk TPQ ini pendaftarannya tidak harus menunggu tahun ajaran baru, jadi bisa mendaftar dan diterima kapanpun. Jika masih ada bangku, anak bisa langsung masuk dan dites, untuk menentukan sebaiknya start mulai dari mana. Apakah materi pra TK, jilid 1, jilid 2, dan seterusnya. Namun, jika kapasitas sudah full, maka anak akan masuk ke daftar tunggu.

Sambil menunggu anaknya mengaji, para orang tua bisa saling bertukar informasi dengan orang tua lainnya. Jadi semacam ajang kenalan dan silaturahmi. Secara berkala ada kegiatan untuk para orang tua, misalnya pengajian, atau pertemuan antara orang tua dengan pengelola TPQ.

TPQ ini sudah meluluskan santrinya beberapa kali. Sebagai wali santri, saya pernah diundang untuk menghadiri acara wisuda santri. Mereka yang dinyataan lulus adalah yang sudah berhasil menamatkan semua materi Qiroaty. Ternyata, yang lulus itu masih kecil-kecil, antara kelas 1 SD sampai kelas 6 SD. Hebat sekali ya mereka. Acara wisuda santri sendiri berlangsung cukup inovatif. Di samping acara pidato yang seremonial, ada acara unjuk kebolehan oleh para santri. Yang ini yang paling seru. Emang di manapun, jika yang tampil anak-anak, pasti menghibur deh…Dan yang paling susah adalah acara uji kemampuan oleh para hadirin terhadap calon wisudawan. Para hadirin boleh mengajukan pertanyaan kepada para santri. Wah….acara seperti ini pasti sangat mendebarkan, terutama calon wisudawan dan orang tuanya.