Mama, Kok Besok Libur Ya? Pengin Sekolah Nih

Semangat Jalan-jalan

Semangat Jalan-jalan

Anak saat ini sekolah di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu, yaitu di TK IT Rabbani, yang berada kompleks Masjid Baitul ‘Amal, Perumahan Taman Marchelia, Batam Centre. Pada saat menjelang masuk TK, Nurul dengan semangat menantikan, kapan ya, bisa sekolah. Dia semangat sekali, ingin cepat-cepat sekolah. Akhirnya tibalah tahun ajaran baru yang ditunggu-tunggu.

Dia dengan semangat berangkat ke sekolah. Akan tetapi seminggu kemudian, dia pun ngambek, karena belum bisa beradaptasi dengan teman dan guru-gurunya. Akhirnya dengan penuh kesabaran, anak didorong untuk mau bersekolah, sampai akhirnya dia merasa enjoy kalau berangkat ke sekolah.

Bangun pagi kadang-kadang terasa berat, tapi sesudah mandi dan merasa segar, dia dengan suka rela mau sekolah. Bahkan kalau libur, hari Sabtu/Minggu/tanggal merah, dia merasa berat sekali, karena hari tersebut dia tidak bisa sekolah. Dia agak protes, mengapa libur melulu, dia kan senang ke sekolah, ketemu ama ibu guru dan teman-teman. Alhamdulilah, dia sudah menikmati sekolahnya.

TK IT Rabbani ini mempunyai jam belajar yang cukup panjang, mulai dari jam 07.30 s.d. jam 12.30 untuk hari Senin-Kamis, dan khusus hari Jumat selesai jam 11.30. Satu kelas terdiri dari 25-28 anak, yang diajar oleh 2 orang ibu guru. Kegiatan yang dilakukan cukup banyak, diawali berbaris dan berolah raga pagi, 2 buah kegiatan di sentra, shalat, makan, menghafal doa-doa, hadist, dan Al-Quran. Ada lima buah sentra, yaitu sentra bahan alam, sentra rancang bangun, sentra seni dan hasil karya, sentra bahasa dan matematika, dan sentra bermain peran. Sentra adalah pusat kegiatan-kegiatan dengan dengan tema yang sama. Setiap hari anak masuk ke dua sentra.

Di TK Rabbani ada ini buku penghubung, yaitu buku komunikasi antara bu guru dengan orang tua murid. Hebatnya buku ini diisi setiap hari, dengan hasil pemantauan bu guru terhadap prestasi anak. Para guru sangat perhatian kepada murid dan transparan dengan orang tuanya. Jika murid bermasalah, mereka akan menulis di buku penghubung, dan jika masalahnya cukup berat, mereka tidak segan-segan memanggil orang tua murid untuk membicarakan masalah yang terjadi pada murid.

TK ini menerapkan disiplin sangat ketat. Gerbang sekolah akan ditutup jam 07.30. Jika murid datang setelah gerbang ditutup, murid harus menunggu di luar pagar, menunggu teman-teman lainnya yang sedang berberis dan berolah raga pagi. Dan murid baru diperbolehkan masuk jam jam 08.00 pada saat palajaran dimulai. Memang awal mulanya sangat berat dengan aturan disiplin ini, akan tetapi, lama-kelamaan biasa juga. Jadi bisa ontime juga tiba di sekolah, bahkan sudah datang beberapa menit sebelum pelajaran dimulai.

Di TK ini selain pelajaran, ada juga ekstra kurikuler, yaitu bahasa Indonesia dan Qiroaty. Selain itu juga disediakan makanan. Para murid bisa belajar beraneka jenis makanan, termasuk makanan yang tidak disukai, misalnya sayuran. Para orang tua juga tidak perlu capek memikirkan dan menyiapkan bekal makanan yang dibawa untuk anak-anaknya. Praktis deh. Bagi murid yang rumahnya jauh, bisa ikut fasilitas antar jemput. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi para orang tua yang bekerja.

4 thoughts on “Mama, Kok Besok Libur Ya? Pengin Sekolah Nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s