Keunikan Cuaca di Batam

Sun Rise di Batam

Sun Rise di Batam

Salah satu keunikan di Batam adalah cuacanya. Pagi hari cuaca sangat cerah. Sejam kemudian tiba-tiba langit penuh dengan awan hitam, dan hujan turun deras sekali, yang bisa membuat basah kuyup orang-orang yang kehujanan. Dan hujannya juga tidak lama, sejam atau dua jam saja. Sesudah itu cuaca cerah kembali. Bagi yang hobi naik motor, dengan cuaca tidak menentu seperti ini, jangan lupa membawa jas hujan.

Sering kali hujan lebat seperti itu ternyata hanya hujan lokal saja. Misalnya di Batam Centre sedang hujan deras, Jodoh dan Nagoya malah cerah. Makanya jangan heran, jika ada pengendara motor pakai jas hujan atau melihat mobil yang basah kuyup, melintas di suatu daerah yang cerah. Saya pernah mengalami beberapa kali hal itu. Saya ingin ke Jodoh, hanya saja ragu-ragu, karena di batam Centre sudah gerimis. Suami melihat warna awan dan dengan mantap mengatakan ayo, pergi saja. Ternyata tebakan dia benar, di Jodoh emang cerah, gak ada gerimis sama sekali.

Masih tentang cuaca, cuaca di Batam dan di Jawa, jauh sekali berbeda. Jika di Jawa sedang kemarau panjang, misalnya pada saat bulan Romadhan, di Batam, malah sering hujan. Beberapa tahun belakangan ini, saya menikmati sekali puasa di Batam, sebab sering hujan, sehingga udara menjadi sejuk dan terasa ringan saat puasa. Menjelang Idul Fitri, saya mudik ke Jawa Tengah, terasalah kekeringan di sana. Udara sangat panas sekali….Kekurangan air di mana-mana.

Kasus sebaliknya juga sering terjadi. Pada saat Jakarta dan kota-kota di Jawa terendam banjir, di Batam malah udaranya cerah sekali, dan sama sekali tidak ada hujan.

2 thoughts on “Keunikan Cuaca di Batam

  1. mirip mbak, sama-sama daerah kepulauan dan letaknya juga berdekatan. Tapi dari pengalaman beberapa kali ke Singapura, cuaca di Singapura terasa lebih sejuk daripada Batam. Menurut saya karena Singapura lebih hijau daripada Batam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s