Cara Mudah dan Murah Membuat Homepage Sekolah

Saat ini saya sedang mencari informasi tentang SD di Batam, karena anak saya sudah berumur enam tahun. Saya ingin mencari informasi seputar penerimaan siswa baru, dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan SD-SD di Batam. Harapan saya, dengan adanya informasi ini, saya bisa memilih sekolah yang tepat untuk anak saya. Pada saat melakukan pencarian dengan Google, ternyata jumlah SD yang memiliki homepage sangat sedikit. Kemudian saya iseng-iseng mencari informasi TK, SMP, SMA dan perguruan tinggi di Batam. Hasilnya ternyata sama saja. Saya hanya menemukan 1 sampai 3 homepage saja untuk setiap kelompok sekolah di atas.

Muncul pertanyaan dalam hati saya, mengapa hanya sedikit sekolah yang mempunyai homepage? Apakah saya salah memasukkan kata kunci? Saya menggunakan kata kunci TK di Batam, SD di Batam, SMP di Batam, SMA di Batam, SMU di Batam, perguruan tinggi di Batam, dan universitas di Batam.

Sebenarnya teknologi Internet sudah lama masuk ke Batam, ditandai dengan trendnya penyedia akses Internet broadband. Warung internet (warnet) juga mudah ditemui di mana-mana. Di setiap ruko atau mall pasti ada warnet. Demikian juga hotspot, ada di hampir setiap mall, bandara, tempat makan, sekolah, perguruan tinggi dan alun-alun, yaitu lapangan Engku Putri. Fenomena ini saya masukkan ke blog saya. Ada yang menanggapi bahwa kesadaran sekolah untuk promosi dengan web masih kurang, karena pembuatan homepage membutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Pada tulisan ini saya mengusulkan pembuatan homepage sekolah yang mudah dan murah. Aspek yang ingin ditonjolkan adalah mudah dan murah pada saat pembuatan homepage dan kemudahan memperbaharui isi homepagenya. Caranya adalah memakai Content Management System (CMS) gratis yang ditawarkan penyedia CMS gratis, misalnya http://www.wordpress.com atau http://www.blogger.com.

Langkah pertama adalah membuat domain. CMS seperti WordPress menyediakan domain gratis, tapi ada kata-kata wordpress di belakangnya. Misalnya : http://TKRobbani.wordpress.com. Jika sekolah menghendaki nama domain yang tidak mengandung kata-kata wordpress, ditawarkan fitur tambahan dengan membayar sejumlah uang.

Pada kesempatan kali ini saya hanya membahas CMS versi gratis saja. Selain domain, penyedia CMS menyediakan hosting gratis, template tampilan gratis yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan, statistik untuk mengetahui jumlah pengunjung homepage per hari, kemudahan meletakkan tulisan dan foto. Foto-foto kita yang ada di Flickr atau Photobucket juga dapat ditampilkan di homapage. Fasilitas gratis lainnya adalah tersedianya berbagai macam widgets, misalnya widgets untuk menampilkan life traffic feed, mesin pencari di internal homepage, daftar link ke homepage-homepage lain, kalender, statistik jumlah tulisan setiap bulan, kategori tulisan, komentar-komentar terbaru, tulisan yang paling banyak dikunjungi, daftar tag, dan lain-lain.

Setelah menyiapkan homepage beserta fasilitasnya, kita harus memikirkan apa saja isi dari homepage sekolah. Dari pengamatan saya terhadap homepage sekolah yang ada, umumnya berisi menu profil sekolah, penerimaan murid baru, fasilitas, berita, agenda, link-link ke homepage lain.

Menu profil sekolah berisi gambaran umum tentang sekolah, struktur organisasi beserta para pejabatnya, profil guru, kurikulum, dan alamat kontak. Sedangkan menu penerimaan murid baru berisi informasi tentang tata cara penerimaan mahasiswa baru, jadwal, biaya, dan pengumuman siswa yang diterima. Menu fasilitas berisi deskripsi tentang berbagai fasilitas yang ada di sekolah, mulai dari fasilitas gedung, lapangan olahraga, laboratorium, sarana kesenian, dan lain-lain. Menu berita berisi liputan aktifitas yang dilakukan oleh sekolah. Menu agenda berisi daftar kegiatan yang akan dilakukan oleh sekolah, supaya bisa diikuti oleh masyarakat. Untuk mengisi menu-menu di atas, setiap tulisan yang dibuat diberi kategori, supaya tulisan terstruktur dengan baik dan mudah dikases oleh pembaca.

2 thoughts on “Cara Mudah dan Murah Membuat Homepage Sekolah

  1. saya juga ingin bertanya tentang sekolah dasar di batam , tapi susah menemukannya, kiranya mbak ada dapat info ngak, tolong kabarin saya juga ya. en tau ngak forum orang batam di mana ya , biar saya juga bisa tanya2 ama mereka. thanks ya.

    Like

  2. Insya Allah SDIT Fajar Ilahi Batam yang beralamat di Jl. RH. Sugandhi II No. 1 MKGR Komplek Masjid Sabilunnajaah. dengan unggulan Bahasa Arab dan Hafal Al Qur’an bisa menjadi pertimbangan…

    Like

Leave a Reply

