Terburu-buru

Berjalan berbegas, setengah berlari, menuju ke tempat tujuan. Ada teman menyapa, dibalas dengan cepat. Ada teman yang mengajak mengobrol sambil berjalan, maaf ya…lain kali aja ya ngobrolnya, lagi buru-buru nih…

Ada serombongan mahasiswa yang tidak dikenal, yang sedang berjalan santai sambil mengobrol. Wah gawat nih…gak ada jalan lain yang lebih cepat lagi. Terpaksa pakai cara menyelinap sebentar ke rombongan dan beberapa detik kemudian sudah berada beberapa meter di depan rombongan. Yang paling repot, jika di depan ada dosen yang tidak dikenal, dan jalannya santai. Apakah mau dibalap juga. Ini dilema, sebab sangat tidak sopan membalap dosen atau orang yang lebih tua.

Bagaimana posisi tubuh saat berjalan buru-buru? Saya biasanya berjalan sambil melihat trotoar dan melirik, apakah ada rute yang paling dekat yang bisa dilewati.Jika menemukan jalan yang lebih pintas, pakailah jalan tersebut.

Sebenarnya jalan buru-buru ini sangat tidak nyaman, tapi harus dilakukan karena kepepet. Sudah terlambat nih, bagaimana kalau ditolak sama dosen?

Saya sama sekali tidak ada niat sama sekali untuk berjalan terburu-buru, tapi kadang keadaanlah yang memaksa saya melakukannya, misalnya :
a. jalanan macet
b. angkutan umum selalu penuh
c. angkutan umum ngetem terlalu lama di terminal
d. start dari rumah memang sudah terlambat

Saya punya kebiasaan menghitung waktu. Misalnya saat kuliah dulu, waktu tempuh mulai dari keluar rumah – sampai di kelas adalah 30 menit. Misalnya ada kuliah jam 07.00, start jam 06.40, kemungkinan saya akan terlambat sebesar 90% , kecuali ada faktor lain, misalnya dosen terlambat, dll.

Terkadang, saya memakai jalur yang lebih cepat tapi mahal, yaitu mengunakan jasa ojek. Mereka bisa mengantarkan saya ke kampus lebih cepat, yaitu sekitar setengah kali waktu tempuh biasa. Biasanya untuk aktivitas yang sangat penting, misalnya mau presentasi proosal, mau seminar, dll. Mending rugi uang daripada acara berantakan, dan ujung-ujungnya akan rugi uang dalam jumlah yang lebih besar, misalnya ratusan atau jutaan rupiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s