Bagaimana Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga

Sebagai ibu RT, saya punya tugas mengelola keuangan rumah. Pemasukan yang ada harus diatur sedemikian rupa supaya bisa mencukupi semua keperluan rumah tangga. Prinsipnya adalah pemasukan harus seimbang dengan pengeluaran termasuk di dalamnya tabungan wajib.

Masalah muncul pada saat pengeluaran ternyata sedemikian besar dan saya tidak menyadarinya. Tahu-tahu belum satu bulan gaji sudah habis. Saya suka bertanya kepada diri sendiri, saya sudah beli apa saja ya?

Saya penasaran juga dengan pengeluaran yang sudah saya lakukan. Akhirnya saya catat pengeluaran-pengeluaran saya. Dari sana sedikit terbayang tentang pengeluaran keluarga saya. Kemudian saya klasifikasi secara sederhana, mana pengeluaran wajib, dan mana pengeluaran yang tidak wajib. Kesimpulannya ternyata jenis pengeluaran yang tidak wajib cukup besar. Contoh pengeluaran yang tak wajib, biasanya karena jalan-jalan, yang disertai dengan sederet pengeluaran lain yang tidak terduga, misalnya pengin makan di restoran, pengin beli es krim, pengin beli majalah, anak pengin beli mainan, anak pengin main game di game centre, pengin nonton, pengin beli sepatu, pengin beli baju, pengin beli buku, dll. Panjang sekali pokoknya…

Menurut saya sangat susah menekan pengeluaran tidak wajib ini, tapi saya berusaha menguranginya. Yaitu dengan cara selalu mengingat, kalau pengeluaran ini sifatnya tidak wajib dan akan menjadi pemborosan. Misalnya : lagi jalan-jalan ke mall. Waktu sudah menunjukkan jam 12.00. Kami sudah selesai belanjanya. Langsung deh pulang aja ke rumah, makan di rumah saja, toh di rumah juga sudah ada makanan. Lumayan deh….bisa mengirit beberapa puluh ribu. Cara lain menekan pengeluaran adalah dengan membuat sendiri makanan-makanan yang disukai anak. Nurul suka nugget. Harga nugget kan cukup mahal. Disiasati dengan beli ikan segar, kemudian dibuat nugget ikan. Jauh lebih murah.

Leave a Reply

