Pengalaman Demo

Walaupun pernah menjadi mahasiswa, akan tetapi pengalaman demoku sangat minim, karena hanya 2 kali ikut demo. Yang pertama pada tahun 1998, menjelang jatuhnya Suharto. Ada demo besar-besaran, tapi berlangsung damai.

Demo yang kedua, tentang Aceh, ada long march sambil orasi di beberapa tempat umum. Yang mengadakan adalah gabungan organisasi mahasiswa di Bandung dan saya dan Nuri bertugas untuk mewakili organisasi kami.

Ada yang paling berkesan, walaupun saya tidak mengikuti demo. Saya masih ingat sampai sekarang. Saat itu 12 Mei 1998, saya habis UAS, mau pulang ke arah jalan Ganesha. Rupanya di jalan Ganesha ada mahasiswa yang demo, massanya sedikit, tapi anarkis, sehingga Polisi sampai menembakkan pistol sebagai tanda peringatan dan para demonstran berlarian ke dalam kampus. Wah…saya jadi ikutan berkeringat dingin….melihat massa berlarian ke arah kampus. Untung saja tidak ada polisi tidak mengejar. Saya kemudian cepat-cepat meninggalkan tempat itu dengan perasaan yang mengharu-biru.

One thought on “Pengalaman Demo

Leave a Reply

