Bagaimana cara Mengkonversi File ke Format PDF?

Format PDF disukai karena adanya beberapa keuntungan yang dimiliki dibandingkan dengan file dalam format doc, xls, atau ppt. Keuntungannya adalah : ukurannya lebih kecil dibandingkan file aslinya dalam bentuk doc, xls, atau ppt. Keuntungan lainnya adalah formatnya tetap. Misalnya kita membuat tulisan dengan ukuran margin tertentu di file word, kemudian dikonversi ke file pdf, maka ukurannya akan tetap seperti itu, tanpa terpengaruh oleh versi program pengolah dokumen yang digunakan. Hal ini sangat kontras dengan file doc, yang kita buat dengan Microsoft Word 2003, kemudian dibuka dengan Open Office, formatnya sering menjaid berantakan. Keuntungan lainnya adalah dokumen tetap orisinal karena, orang tidak akan bisa mengeditnya. Sangat cocok digunakan untuk mempublikasikan dokumen, supaya orang tidak seenaknya menghapus identitas artikel kita dan mengganti identitas baru, seperti judul, pengarang, dll.

Bila Anda ingin mengkonversi file ke format PDF, dapat menggunakan software PrimoPDF. Berikut ini langkah-langkah penggunaannya :
1. Install Primo PDF ke komputer
2. Jika instalasi sudah sukses, maka di daftar printer kita akan muncul icon PrimoPFDF
3. Jika kita ingin menkonversi file doc ke PDF, caranya, buka file terkait di MS Word, kemudian pilih printer PrimoPDF. Akan muncul tampilan di bawah ini.

Silakan isi letak nama file dan letak PDF yang diinginkan, kemudian tekan tombol create PDF.

Tampilan Konversi ke PDF

Tampilan Konversi ke PDF