Save Our Earth

Ide menyelamatkan bumi dari saya sangat sederhana, dengan cara membawa kantong plastik untuk tempat belanjaan pada waktu kita belanja di pasar atau di supermarket. Dari pengamatan saya selama ini, setiap kali saya belanja misalnya ke hypermart, minimal saya diberi 4 kantong plastik besar. Yang lebih parah, adalah adanya kantong plastik yang lebih kecil karena kita belanja barang-barang yang jenisnya agak beda. Misalnya sabun dan susu. Menurut saya sih terlalu berlebihan, memisahkan barang-barang seperti itu dengan kantong plastik. Toh mereka hanya bertemu sebentar, gak sampai hitungan jam, dan masing-masing sudah dibungkus dengan rapi.

Dalam satu bulan, saya belanja sekitar 4-6 kali. Bisa dibayangkan berapa total kantong plastik yang saya dapatkan? Kantung plastik itu biasanya saya kumpulkan saja. Setiap hari 1 buah dipakai untuk alas tempat sampah, sekaligus dibuang sangat membuang sampah. Kadang-kadang dipakai untuk tempat baju basah sesudah berenang. Jarang sekali penggunaannya, tidak sebanding dengan frekuensi mendapatkan kantung plastik.

Pernah suatu ketika belanja di pasar. Saya sudah bawa kantung plastik, dan minta ke penjualnya supaya memasukkan belanjaan saya ke kantung plastik yang saya bawa. Eh, penjualnya malah ngotot, belanjaan saya akan dimasukkan ke kantung plastik yang dia sediakan. Setelah saya agak ngotot, barulah penjualnya mengerti. Lucu ya….Mungkin penjualnya berpikir, kantung plastik adalah salah satu servis, jadi sudah kewajiban mereka untuk menyediakannya.

2 thoughts on “Save Our Earth

  1. wow hebat…
    di sini malah ada usaha untuk membayar 1-2 yen untuk satu kantong plastik karena sedang digalakkan membawa kantong sendiri dari rumah.
    Saya senang sekali kalau usaha ini bisa ditiru oleh teman-teman yang lain.

    EM

    Like

Leave a Reply

