Menyampah Dokumen

Saya mengalami hal yang mirip seperti pak Budi Raharjo, seputar membuang dokumen yang telah tidak digunakan.

Sering kali meja, rak, laci penuh dengan dokumen-dokumen, masih tercampur antara dokumen yang dipakai dan dokumen tidak terpakai lagi. Sekitar sebulan atau 2 bulan sekali, saya menyempatkan diri menyortir dokumen itu, untuk memisahkan antara yang dipakai atau enggak. Untuk dokumen yang sudah tidak terpakai, misalnya bekas laporan mahasiswa, jika halaman belakangnya masih bersih, saya serahkan kepada tata usaha untuk dipakai ngeprint. Istilahnya ngeprint pakai kertas bekas. Untuk dokumen yang berhubungan dengan nilai, biasanya saya serahkan kepada mahasiswa yang terkait.

Dalam hal menyampah file, saya juga mengalaminya. Pada saat browsing, saya merasa artikel ini bagus. Simpan ke hard disk. Sampai akhirnya saya kesulitan menemukan file yang saya cari. Feeling saya karena ketika membuat folder, saya tidak menerapkan aturan yang tegas untuk diri sendiri, yaitu dengan mudah membuat folder baru. Mestinya saya harus menerapkan aturan yang baku, untuk membuat folder. Tapi seperti apa ya? Mengingat saya punya banyak ketertarikan terhadap bermaam-macam hal. Mungkin bisa meniru pangkategorian tulisan yang ada di wordpress ya…

Masalahnya saya juga tidak punya waktu lagi untuk memilah-milah file ini. Mestinya harus disempatkan seperti memilah-milah dokumen kertas, supaya hard disk tidak penuh. Kadang saya memakai short cut, yaitu dengan memback up isi hard disk ke DVD. Berarti sama halnya dengan memindahkan sampah dari hard disk ke DVD dong…

2 thoughts on “Menyampah Dokumen

  1. wah saya juga sama seperti sampean pak. biasanya, save, save, begitu nyari bingung karna naruhnya nggak teratur. akhirnya supaya gak hilang di burn ke dvd hehehe…

    mindahin gudang ke dvd

    btw salam kenal

    Like

Leave a Reply

