Waduk Gembong dan Monyos

waduk-gembong6

Di Pati ada dua waduk, yaitu waduk Gunung Rowo dan waduk Gembong. Pada hari Minggu lalu, kami  berenam mengunjungi waduk Gembong naik sepeda motor. Perjalanan ke sana cukup jauh, sekitar 1 jam dari pusat kota. Jalannya berliku-liku. Bahkan pada saat berangkat, tiba-tiba turun hujan cukup deras, sehingga kami berteduh di musholla. Walaupun demikian kami tetap enjoy. Mungkin karena jarang ketemu, sehingga menyenangkan saat-saat berkumpul bersama.

Waduk Gembong terletak di kecamatan Gembong. Waduknya sangat luas, ada bangunan untuk mengatur air. Terlihat juga beberapa orang sedang memancing ikan. Nurul rewel minta mancing, hanya saja tidak ada penyewaan alat pancing di sana, dan kami juga tidak membawa peralatan pancing. Entah siapa ya, yang promosi ke Nurul kalau kita akan memancing ke waduk Gembong….karena akibat promosi itu, dia tertarik ikutan, dan ketika di lokasi ternyata keinginannya tidak terpenuhi. Sepanjang jalan pulang dia merengut saja, sambil ngomel-ngomel gak jelas, akhirnya tertidur.

Di sepanjang perjalanan, pemandangan sangat indah. Banyak sekali pohon randu dan kebun singkong, seperti permadani yang terbuat dari kebun singkong. Enak banget memandangnya….Oh ya, di Gembong kami mampir ke rumah makan, makan ikan Sombro. Rasanya seperti ikan mas. Enak…

Kami juga membeli tape singkong. Tape diaruh di wadah yang dinamakan besek. Singkongnya besar-besar dan tapenya enak.  Di rumah tape tersebut saya buat menjadi makanan ringan, namanya Monyos. Dulu ketika masih kecil, saya sering sekali menjumpai Monyos ini. Hanya saja, sekarang tidak ada penjual gorengan yang menjual Monyos ini.

Cara membuat monyos : tape dipotong-potong, dibuang sabut tengahnya. Kemudian diisi irisan gula merah, agak dikepal, supaya gula merah gak tumpah. Sesudah itu dimasukkan ke larutan tepung, digoreng. Untuk membuat monyos ini sebaiknya dipastikan gula berada di tengah-tengah tape dan tidak akan bocor. Caranya tepungnya harus cukup banyak. Kalo tepung pembungkusnya sedikit, gula akan mencair keluar, dan mengotori minyak

2 thoughts on “Waduk Gembong dan Monyos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s