Hal-hal baru seputar jabatan akademik

bunga2

Pada hari Selasa lalu, di kampus Politeknik Batam diadakan workshop tentang jabatan akademik. Meskipun saya tidak bisa menghadirinya, saya segera membaca hasil workshop dan bertanya kepada teman-teman seputar jabatan akademik tersebut. Ada beberapa hal yang baru :
1. Dosen yang pengangkatan sebagai dosen tetap sesudah tanggal 1 Januari 2007, harus mempunyai pendidikan S1 dan S2. Banyak sekali teman-teman yang kecewa terutama para dosen muda. Berarti mereka harus S2 dahulu, dan tidak mempunyai peluang memperoleh beasiswa BPPS, karena beasiswa BPPS mensyaratkan palamar harus mempunyai jabatan akademik. Membingungkan sekali aturan ini. Saya mendapat tugas untuk mencari lebih detail mengenai info ini
2. Pemrosesan jabatan akademik sekarang di Kopertis saja. Dulunya berjenjang, ke Kopertis, kemudian ke Dikti, balik lagi ke Kopertis. Jadi lebih sederhana.
3. Waktu pengajuan juga berubah. Mestinya minggu pertama Maret, saya bisa mengajukan, hanya saja saya belum mempunyai artikel yang dimuat di jurnal ISSN.  Pada saat mempunyai dua hasil penelitian, saya malah mengirimkan ke seminar nasional. Wah, salah strategi nih😦
4. Ijasah S1 diakui dengan 100 KUM, ijasah S2 50 KUM, berarti ada peningkatan dibandingkan aturan sebelumnya

Leave a Reply

