E-learning dengan Moodle

Sekarang membuat dan mengisi situs E-learning sangat menyenangkan, dengan adanya software moodle(www.moodle.org). Dosen tinggal menggunakan saja, tanpa harus membuatnya terebih dahulu. Akibatnya, dosen cukup konsentrasi dalam menyediakan konten kuliah saja.

Di UTS teori kuliah saya beberapa waktu yang lalu, saya menerapkan ujian dengan E-learning. Dosen agak repot sih mengisi soal-soal ke E-learning. Hm….waktu itu saya belum mengerti, ternyata soal bisa diimpor dari file text.

Keuntungannya, soal bisa dirandom urutanya, demikian juga jawaban multiple choice yang ada. Meskipun demikian, saya juga melakukan tindakan jaga-jaga, dengan mematikan fasilitas chat, dan waktu pengerjaan dibuat siangkat saja. Tujuannya supaya mahasiswa tidak saling mencontek. Hasilnya lumayan bervariasi, yang menandakan bahwa tindakan mencontek bisa diminimalisir. Dan yang paling menyenangkan adalah beban mengoreksi UTS teori mahasiswa tidak ada lagi, karena sudah digantikan oleh komputer. Tinggal beban mengoreksi jawaban UTS praktek saja. Saya belum menemukan cara jitu untuk menilai soal eassy

Leave a Reply

