E-learning dengan Moodle

Sekarang membuat dan mengisi situs E-learning sangat menyenangkan, dengan adanya software moodle(www.moodle.org). Dosen tinggal menggunakan saja, tanpa harus membuatnya terebih dahulu. Akibatnya, dosen cukup konsentrasi dalam menyediakan konten kuliah saja.

Di UTS teori kuliah saya beberapa waktu yang lalu, saya menerapkan ujian dengan E-learning. Dosen agak repot sih mengisi soal-soal ke E-learning. Hm….waktu itu saya belum mengerti, ternyata soal bisa diimpor dari file text.

Keuntungannya, soal bisa dirandom urutanya, demikian juga jawaban multiple choice yang ada. Meskipun demikian, saya juga melakukan tindakan jaga-jaga, dengan mematikan fasilitas chat, dan waktu pengerjaan dibuat siangkat saja. Tujuannya supaya mahasiswa tidak saling mencontek. Hasilnya lumayan bervariasi, yang menandakan bahwa tindakan mencontek bisa diminimalisir. Dan yang paling menyenangkan adalah beban mengoreksi UTS teori mahasiswa tidak ada lagi, karena sudah digantikan oleh komputer. Tinggal beban mengoreksi jawaban UTS praktek saja. Saya belum menemukan cara jitu untuk menilai soal eassy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s