Membuat Nugget Ikan

Nuget ikan

Pembuatan nugget ikan ternyata sangat sederhana.
Bahan :
1. Daging ikan segar : 1 kg
Pilih jenis ikan yang dagingnya tebal, tidak banyak duri. Sebaiknya memilih jenis ikan yang ukurannya besar, yaitu 1 ekor ikan mempunyai bobot sekitar 2 kg. Di banyak resep disarankan ikan kakap, hanya saja kakap harganya jauh lebih mahal, sehingga bisa diganti dengan jenis ikan lainnya, dengan ciri-ciri mirip kakap(daging tebal, rasa enak, dan duri sedikit)
2. tepung sagu : 3 sendok makan
3. daun bawang
4. telur : 2 buah
5. Bawang putih : 2 siung
6. Bawang merah : 1 siung
7. Tepung panir, garam, royko secukupnya

Cara membuat
1. pisahkan ikan dari duri dan kulitnya. Potong/cacah ikan menjadi potongan halus. Jangan diblender
2. Bumbu dihaluskan
3. Daun bawang diiris halus
4. Campur ikan, bumbu, daun bawang, tepung sagu, dan telur
5. Taruh di loyang, kemudian kukus. Jika sudah dingin, potong-potong sesuai selera.
6. Masukkan ke dalam telur, balut dengan tepung panir
7. Taruh di lemari es. Jika ingin mencicipi, goreng dahulu

Komentar : rasa ikannya mirip ikan segar, karena daging ikannya tidak diblender, hanya dipotong halus saja. Jika dibandingkan dengan nugget yang dijual di supermarket, nuget buatan sendiri jatuhnya sangat ekonomis.

About these ads

36 thoughts on “Membuat Nugget Ikan

  1. wah.. tq banget ya mba’ aq mau coba akh..
    nanti kalo ada resep lain jangan lupa di-share lagi ya ke aq..

  2. thanks…resepnya mba’, kebetulan aku dah nyoba bikin nugget dari bahan ayam…nah sekarang ada dari ikan juga…mau nyobain ahh

  3. makasih ya mba resepnya,
    ” waahh… ternyata gak ribet ya? `yang pasti lebih sehat dong klo buat sendiri.. lebih aman lagi GAK USAH PAKE PERASA TAMBAHAN kali ya?.. maksudnya buat anak-anak jadi lebih SEHAT, kita tidak khawatir lagi …

  4. Gimana klo ikannya pakai ikan bandeng bisa gak? jika sdh jadi nugget tahan berapa lama di simpai di frezer?
    thank’s atas infonya.

  5. Wah…
    bagus banget…
    saya sudah mencoba… hasilnya lebih enak dari buatan pabrik… ikan lebih terasa…
    Saya rasa pake ikan apa aja tetap enak… saya sudah mencoba 3 jenis ikan asli dari daerah saya. Hasilnya pun luar biasa.

  6. saya akan mencoba untuk anak tercinta, karena anakku alergi ayam maka akan di ganti dengan ikan kan lebih sehat. makasi resepnya ya

  7. Terima kasih atas artikelnya mba Hilda,
    Sudah saatnya kita mengkonsumsi ikan baik secara langsung maupun olahan, ajari anak-anak kita agar kedepannya menjadi generasi yang terbiasa mengkonsumsi ikan. Dengan gemar makan ikan, selain mencerdaskan bangsa juga turut mensejahterakan nelayan.
    ENJOY SEAFOOD adalah produk aneka olahan ikan dan udang bermutu yang diolah secara hygienis, sesuai kaidah GMP, HACCP dan sudah mendapat sertifikasi Halal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s